Tips Mengajukan Kredit tanpa Agunan Di Bank Terdekat

shares |

Tips Mengajukan Kredit tanpa Agunan Di Bank Terdekat

KREDIT Tanpa Agunan atau KTA bisa jadi salah satu solusi bagi Anda untuk mendapatkan uang pinjaman dari bank tanpa jaminan apa pun. Untuk mendaftarkan diri relatif cukup mudah dan sudah banyak bank yang memfasilitasi. Adapun persyaratannya pun dapat dengan cepat Anda siapkan.



Apa Itu Asuransi Kredit Tanpa Agunan?

Asuransi kredit juga dikenal dengan istilah credit insurance. Pada mulanya instrumen ini dikenal dalam lingkungan asuransi jiwa dalam bentuk perlindungan kepada kreditur terhadap risiko macetnya pelunasan sisa pinjaman kreditur. Asuransi ini dikenal pula dengan istilah asuransi jiwa kredit (credit life insurance).

Asurasi penjaminan kredit pada dasarnya adalah bentuk gabungan dari asuransi kredit dan penjaminan kredit yang memfasilitasi ketidakmampuan debitur dalam melunasi sisa pinjaman kepada kreditur sebagai akibat risiko meninggal dunia. Alur asuransi mulai pada saat debitur meninggal dunia, sementara itu penjaminan mengambil peran pada saat terjadi klaim meninggal dunia.

Asuransi kredit tanpa agunan adalah bagian dari asuransi kredit saat Anda mengajukannya kepada pihak bank. Instrumen ini ditawarkan oleh pihak Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo). Jika bank mengabulkan permohonan KTA Anda, biasanya Anda akan ditawarkan asuransi ini.

Prinsipnya sama dengan asuransi lain, Anda perlu membayar premi untuk mendapatkan asuransi kredit tanpa agunan. Premi tersebut sudah termasuk di dalam angsuran kredit yang rutin Anda bayar ke bank setiap bulannya. Namun demikian, ada juga beberapa bank yang membebaskan atau mengratiskan premi asuransi kredit ini.

Asuransi ini berguna untuk memproteksi Anda. Akan menjadi berbahaya apabila Anda tidak dapat membayar angsuran karena berbagai macam alasan di luar dugaan.

Adapun, menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan), asuransi kredit memberikan perlindungan dan menjamin pelunasan cicilan penerima kredit atau debitur apabila meninggal karena kecelakaan atau sakit (alami) dan cacat tetap karena kecelakaan sehingga tak dapat melanjutkan cicilan.

Ada pula, asuransi akan memberiakan jaminan pelunasan apabila debitur mengalami PHK (Pemutusan hubungan Kerja). Untuk itu, Anda perlu juga melihat resiko apa saja yang Ditanggung oleh pihak penyelenggara asuransi. Anda perlu memerhatikan polis asuransi kredit dari perusahaan itu.

Cara kerjanya, apabila Anda sebagai debitur mengalami resiko tersebut, keluarga atau ahli waris Anda akan aman dari kejaran debt collector atau tidak perlu melunasi hutang Anda. Jadi, sisa angsuran hutang Anda akan dilunasi oleh pihak asuransi dan usaha yang Anda danai dengan KTA tersebut akan aman serta tetap berjalan.

Meskipun resiko tersebut tidak ingin Anda alami, setidaknya jika Anda celaka atau meninggal, keluarga atau ahli waris Anda tidak akan menderita dengan tanggungan utang yang ada.


Urgensi Asuransi KTA

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa asuransi kredit hukumnya wajib bagi Anda yang ingin mengajukan kredit ke bank. Sehingga, setiap bulannya perlu ada premi yang dibayar. Sehingga, dengan mengetahui urgensi ini, Anda tidak perlu lagi keberatan untuk membayar premi asuransi KTA.

Coba bayangkan, jumlah pembayaran premi tidak akan sebanding dengan resiko keluarga Anda menanggung hutang Anda, atau lebih mengerikan lagi jika aset berharga Anda turut disita.

Jika Anda tidak ingin membayar premi asuransi KTA, artinya Anda berani mengambil resiko untuk membebani keluarga atau ahli waris Anda. Sebab, tanpa adanya asuransi, pihak Anda akan dikenai kewajiban melunasi hutang Anda di bank, baik istri, suami, atau anak Anda.

Memang dalam penerapannya, KTA tidak memberikan aset sebagai jaminan. Namun jikalau di kemudian hari, Anda tidak mampu untuk melunasinya, keluarga Anda akan diwajibkan untuk melunasi. Jika tidak mampu, tetap saja aset keluarga Anda akan disita. Namun demikian, untuk mencapai tahap ini perlu melalui pengadilan terlebih dahulu.


Cara Mendaftar Asuransi KTA

Cara mendaftar asuransi KTA tergolang mudah. Anda tidak perlu membawa berbagai macam dokumen untuk mendapat manfaat asuransi KTA. Hal ini karena layanan asuransi sudah termasuk dalam perjanjian kredit dari bank, contohnya BII PITA. Anda hanya perlu teliti dalam melakukan perhitungan, apakah tambahan biaya premi tersebut sebanding dengan manfaat yang akan Anda dapatkan nantinya?

Jikalau tidak sebanding, atau merasa terlalu besar melunasi KTA, Anda cukup mencari bank lain yang menawarkan kelebihan dibandingkan bank sebelumnya. Untuk itu, Anda perlu selektif dalam memilih bank mana yang paling cocok untuk Anda. Bahkan kalau bisa, cari bank yang membebaskan premi asuransi kredit Anda. Hal itu tentu akan jauh lebih menguntungkan.

Di satu sisi, asuransi ini tidak hanya menguntungkan Anda, namun juga pihak bank. Di satu sisi bank mendapat jaminan kredit macet, di sisi lain nasabah dibebaskan dari pelunasan cicilan.

Namun perlu diingat bahwa bukan berarti Anda dapat serta merta kehilangan motivasi untuk melunasi cicilan kredit dari bank. Sebab, terdapat aturan yang menerangkan kapan angsuran nasabahnya dianggap lunas dan yang tidak dalam kredit asuransi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.


KTA Dapat Menjadi Solusi Alternatif

KTA dapat menjadi jalan keluar untuk mendapatkan uang secara cepat dan tidak ribet. Meskipun begitu, sebelum memutuskan mengambil KTA dari bank yang Anda pilih, sebaiknya Anda mengecek dan membandingkan produk KTA di situs informasi produk keuangan cermati.com. Ini berguna untuk melakukan perbandingan antara produk KTA bank satu dengan yang lain akan mencegah Anda untuk menyesal bila pilihan Anda salah.(fuz/jpnn)

Related Posts