Waspadai 12 Gejala Kanker Lambung Ini - Jangan Sampai Meyesal Kemuadian

shares

Jangan anggap enteng sakit maag, Atrophic gastritis atau penyakit lambung lainnya. Dalam dunia kedokteran ketiga penyakit-penyakit itu dikenal sebagai gejala awal dari penyakit kanker. Bagi yang memiliki penyakit lambung sebagai penyakit keturunan, serta sering sekali sakit lambung, harap benar-benar meningkatkan kewaspadaan!

Berikut adalalah 12 Gejala Kanker Lambung





1. Rasa perih yang sangat terasa di daerah perut



Rasa perih yang terasa di bagian lambung memang sering terjadi apabila kita makan terlalu banyak atau kita telat makan. Rasa perih ini biasanya disebabkan karena zat asam amino yang berada dalam lambung tidak mendapat makanan untuk dicerna yang mengakibatkan asam amino tersebut menumpuk dalam lambung dan menyebabkan rasa perih di lambung kita. Rasa perih ini biasanya dikaitkan dengan penyakit maag. Tetapi rasa perih yang berlebihan di daerah lambung bisa saja merupakan ciri – ciri dari penyakit kanker lambung.


2. Berat badan yang menurun secara cepat

Banyak wanita dan pria yang menginginkan berat badannya turun secara cepat demi mendapatkan berat badan yang ideal. Untuk para wanita dan pria jangan merasa senang dahulu apabila berat badannya turun dengan cepat, karena gejala ini bisa saja merupakan ciri – ciri dari penyakit kanker lambung. Berat badan yang menurun dengan cepat disebabkan kerana lambung yang tidak dapat bekerja dengan baik. Lambung tidak dapat menyerap vitamin dari makanan dengan baik sehingga disaat kita melakukan aktivas tanpa kita sadari berat badan kita akan berkurang secara cepat.

3. Rasa mual pada lambung

Rasa mual yang terjadi pada perut terkadnag disepelekan oleh kita. Padahal, rasa mual pada perut bisa saja merupakan ciri – ciri dari kanker lambung. Rasa mual yang terjadi diakibatkan karena lambung sedang dalam kondisi yang tidak baik. Makanan yang masuk ke lambung kita tidak dapat diterima oleh lambung yang mengakibatkan perut kita merasa mual.


4. Terjadi radang pada lambung

Radang pada lambung bermula dari rasa perih pada lambung. Lambung yang terkena radang dan tidak segera diobati akan semakin parah akan menjadi kanker lambung pada tubuh kita.

5. Muntah darah

Bila maag sudah mulai akut, maka biasanya penderita akan mengalami muntah darah. Dalam dunia medis muntah darah disebut dengan hematemesis. Muntah darah terjadi karena adanya radang pada lambung yang cukup parah.

6. Badan terasa cepat lelah

Ketika lambung sudah tidak dapat bekerja secara normal, maka tubuh kita akan kekurangan asupan gizi dan vitamin. Sedangkan untuk melakukan aktifitas sehari – hari kita memerlukan energi yang cukup dari makanan sehat yang kita konsumsi sehari – hari. Ketika lambung tidak dapat menyerap vitamin dan gizi dari makanan yang kita makan, maka tubuh akan terasa cepat lelah saat melakukan aktifitas karena tubuh kita tidak mempunyai cukup energi untuk melakukan aktifitas sehari – hari.

7. Sakit maag yang sudah akut

Maag yang sudah akut merupakan salah satu ciri – ciri dari penyakit kanker. Maag yang sudah akut bisa berubah menjadi kanker lambung. Sebaiknya bila kita mempunyai penyakit maag, maka harus segera kita obatin hingga tuntas.

8. Mengeluarkan tinja berwarna kehitaman

Ciri ciri penyakit kanker lambung yang terakhir adalah penderita akan mengeluarkan tinja yang berwarna kehitaman. Apabila hal ini terjadi, maka sebaiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter sehingga apabila ini merupakan ciri ciri kanker lambung dapat segera diobatin.

9. Gangguan pencernaan dan perut ketidaknyamanan

Ini akan sering terjadi entah itu saat terlambat makan, saat makan dan juga setelah makan. Rasa nyeri, mual dan kembung di perut akan mengganggu penderita.

10. Sebuah perasaan kembung setelah makan

Rasanya seperti kembung atau rasa terbakar pada lambung. Dapat hilang dengan sendirinya, tetapi tidak lama kemudian kambuh lagi.

11. Kehilangan nafsu makan

Gejala ini sering dijumpai dan bukan hanya terbatas kanker lambung saja. Pasien dapat kehilangan nafsu makan, saluran pencernaan keluar darah dan mudah merasa lelah.

12. Mulas

Mulas akan sering terjadi bila kita mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan.

Penyakit kanker lambung memang cukup menakutkan. Tetapi, apabila kita mengetahui lebih dini mengenai kanker lambung maka pengobatan kanker tersebut dapat lebih cepat dilakukan. Kita harus perduli setiap gejala – gejala aneh yang terjadi pada tubuh kita. Karena apabila kita terlambat mengetahui penyakit apa yang diidap di tubuh kita maka akan berbahaya untuk kita sendiri.

Untuk menjaga lambung dengan baik sebaiknya ikuti jadwal makan berikut ini:


7:00 bangun pagi minum segelas air hangat

Bangun tidur minum segelas air dapat membantu peredaran jalan darah. Dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Air yang tidak dicampur garam adalah yang paling baik. Orang yang susah buang air besar, minum air yang ditambah madu adalah pilihan yang bagus.

8:00 sarapan makanan yang hangat

Banyak orang yang memandang penting makan siang dan makan malam, tetapi seringkali kurang mementingkan sarapan pagi. Padahal riset membuktikan, 11.7% orang yang tidak sarapan lebih mudah terkena penyakit lever , 36% diantaranya mudah terserang penyakit lambung. Makan pagi yang bergizi termasuk biji-bijian, susu, daging, makanan yang terbuat dari kacang dan buah-buahan, serta sayur-sayuran.

12:00 Sebelum makan siang minum sup terlebih dahulu

Terhadap makanan yang lebih kering dan tidak menggiurkan, minum sup secukupnya dapat membantu pencernaan dan penyerapan makanan. Namun harus diperhatikan tidak disarankan untuk menelan nasi secara langsung dengan bantuan sup, nasi yang tidak dikunyah dengan baik dapat menghambat pencernaan.

19:00 berdiri setelah makan malam, dapat membantu melancarkan pencernaan

Bagi orang yang menderita penyakit asam lambung, disarankan jangan langsung tiduran atau pun terus duduk setelah makan. Posisi tersebut akan membuat proses makanan yang turun ke lambung terhambat dan akan membuat kondisi asam lambung semakin buruk.

22:00 minum segelas susu

Namun ingat, dua jam sebelum tidur tidak boleh mengkonsumsi makanan lagi, termasuk minum susu, jus dll, karena susu dapat membangkitkan asam lambung, dapat merusak lapisan lambung.

Dengan makanan yang tepat pada waktu yang tepat bisa mengurangi beban berat pada lambung kita. Selamat mencoba.
--izinshare--

Related Posts