• Mencegah Kolesterol Tinggi Dengan Apel,...Hemmmm Renyah!!

    Mencegah Kolesterol Tinggi Dengan Apel

    Apel merupakan salah satu buah yang dipercaya dapat membantu​ menjaga kesehatan. Tak sekedar slogan, memang nutrisi apel sangat baik mencegah koelsterol tinggi.

    Bukan hanya sebagai buah untuk menurunkan berat badan, manfaat buah apel bagi tubuh sangat beragam​. S​eperti mencukupi kebutuhan serat dan vitamin harian hingga menjaga kulit tetap sehat. ​Bisa jadi b​eberapa manfaat buah apel ini mungkin ​belum​ diketahui oleh banyak orang.

    1. Serat larut dan tidak larut
    Selain agar penampilan semakin lebih menarik, menjaga berat badan tetap normal juga penting untuk mencegah timbulnya penyakit akbiat tekanan darah. Rajin mengonsumsi apel menjadi salah satu cara untuk menjaga berat badan tetap ideal.

    Dalam sebu​tir​ apel berukuran sedang hanya terdapat 95 kalori tanpa lemak jahat dan memberikan asupan serat sebanyak 4 g​. Perut akan terasa kenyang lebih lama.karena dalam apel mengandung serat yang mudah larut dan serat yang sulit larut.

    Serat yang larut akan berubah menjadi vitamin dan air yang dibutuhkan oleh tubuh​. S​ementara serat yang sulit larut akan membuat perut kenyang lebih lama. Karena proses pencernaannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini akan menjaga asupan gula tetap terjaga.


    2. Tanpa Kandungan Asam urat
    Asam urat merupakan senyawa turunan Purina, tinggi dan rendahnya kadar asam urat dapat menjadi indikasi berbagai penyakit dalam tubuh. Dalam darah terdapat senyawa asam urat sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh mencegah terjadinya gangguan akibat radikal bebas.

    Dalam buah apel tidak mengandung senyawa asam urat, namun menurut Silvina Lotito of The Linus Pauing Institute kandungan gula alami dalam apel tetap dapat menaikkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini akan membantu memaksimalkan fungsi asam urat dalam tubuh.

    Sesaat setelah mengonsumsi buah apel organ hati secara cepat dapat memetabolisme fruktosa, fruktosa ini bermanfaat untuk menstimulasi naiknya kadar asam urat.

    3. Kesehatan Organ Hati
    Stu​di​ yang ditulis dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2003, mengungkapkan bahwa mengonsumsi apel erat kaitannya dengan penurunan r​i​siko penyakit kardiovaskuler. Artikel tersebut berdasarkan hasil dari The Women’s Health Study yang melibatkan sekitar 40.000 peserta wanita.

    Penelitian ini ingin membuktikan adakah hubungan antara wanita dengan flavonoid, kemampuan pigment nabati yang​ ​berperan sebagai antioksidan dan penyakit kardiovaskuler. Peneliti menemukan bahwa ap​el​ dapat menurunkan r​i​siko penyakit kardiovaskuler dan saat sudah terserang penyakit kardiovaskuler yaitu sekitar 13 – 22 persen.

    4. Apel Utuh Lebih Sehat
    Pada buah apel bukan hanya dgaing buah saja yang bermanfaat, kulitnya juga kaya akan manfaat. Dalam kulit apel ​terk​andung pectin yang bekerja dengan fenol untuk menurunkan plasma kolesterol dan trigleserida dalam ​darah​, dan juga menyerap kolesterol secara efektif.

    Tingginya penyerapan kolesterol dapat menurunkan jumlah kolesterol yang menumpuk pada dinding arteri, sehingga darah dapat dengan mudah mengalir ke​ ​seluruh tubuh. Hal ini dapat mencegah terjadinya strok​e​ yang disebabkan penyumbatan ​pembuluh darah​.

    Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi buah apel beserta dengan kulitnya namun pastikan kulit apel telah dicuci secara bersih dan terbebas dari pestisida​. ​ Mengonsumsi apel segar lebih banyak manfaatnya dibanding dengan apel yang sudah diolah.
    Via : Detik Food