• Ini Alasan Nyamuk Seneng Banget Terbang Di Sekitar Telinga Kita

    Ini Alasan Nyamuk Seneng Banget Terbang Di Sekitar Telinga Kita - Pasti kamu sering ngalamin nyamuk yang berngiang di sekitar telinga, sangat mengganggu pastinya. tapi pernah ga kamu bertanya tanya apa sih alasannya nyamuk terbang di sekitar telinga kita?

    Nyamuk merupakan serangga yang dianggap mengganggu, dan kehadirannya ditengah-tengah kita seringkali membuat kita kesal. Selain mengganggu, Nyamuk dapat menjadi sumber penyakit yang cukup berbahaya bagi manusia. Sahabat apakah anda pernah mendengar suara nyamuk mengiang ditelinga? Mungkin hal tersebut begitu mengganggu, apalagi saat menjelang tidur. namun tahukah kita, kenapa nyamuk selalu berada di sekitar area telinga kita. Ternyata ada beberapa alasan kenapa nyamuk suka terbang di sekitar kepala atau di area telinga kita.




    Jawaban pertama : telinga merupakan bagian dari manusia yang memiliki suhu yang paling mendekati suhu inti tubuh. Artinya suhu di telinga adalah yang paling konstan, dan lebih tinggi dari bagian tubuh manapun. Alasannya adalah Membran tympani hanya berjarak 3,8 cm dari hipotalamus dan Darah pada arteri karotis interna dan eksterna (pembuluh darah yang menyuplai hipotalamus dan membran tympani). Nyamuk salahsatu serangga yang mampu mendeteksi hawa panas. Dan ketika mendekati daerah sekitar kepala, kebanyakan nyamuk sangat tertarik pada panas di area telinga. Inilah jawaban atau alasan mengapa nyamuk lebih suka terbang danmengiang di area dekat telinga.


    Jawaban kedua : sifat alami nyamuk itu menyukai aroma tubuh kita. Mereka sangat suka keringat yang keluar dari kelenjar keringat disekitar kepala. Jadi sebenarnya mereka mendekat ke bagian sekitar kepala bukan telinga. Kenapa demikian? Karena Di bagian kepala, ada kelenjar keringat yang tertahan oleh rambut. Nah, aroma dari keringat yang tertahan rambut itu yang disukai oleh nyamuk. Salah satu contohnya jika seseorang beberapa hari tidak mencuci rambut, nyamuk akan banyak yang mendekat karena aroma khas dari keringat di sekitar kepala. Tapi jika seseorang tersebut baru selesai mencuci rambut dan memakai shampoo, maka wangi shampoo akan membuat nyamuk menjauh.

    Jawaban ketiga : Sebenarnya, nyamuk tidak hanya mendekati bagian telinga. Namun juga bagian-bagian lain seperti tangan, kaki dan anggota tubuh yang lain. Biasanya nyamuk menggigit pada bagian tubuh yang terbuka (tidak tertutup pakaian). Meskipun seperti itu terkadang kita menjadi sangat terganggu bukan hanya karena gatal akibat gigitan tapi karena suara nyamuk yang terus mengiang ditelinga.


    Sahabat KotaBontang.. semoga artikel ini menambah pengetahuan kita. Sekarang kita jadi tahu kan, kenapa nyamuk suka terbang di sekitar telingan kita.