• Subhanallah, Jangan Malas Makan Sahur Ini Dia Manfaatnya

    Subhanallah, Jangan Malas Makan Sahur Ini Dia Manfaatnya - Orang yang berpuasa hanya diberi kesempatan makan sebanyak dua kali yaitu saat sahur dan berbuka puasa.

    Sayangnya makan sahur yang dilakukan pada dini hari menyebabkan sebagian orang malas bangun dan memilih untuk tidak sahur.

    Sebenarnya sahur sangat penting bagi kesehatan badan karena bisa mencegah badan terasa lemas saat berpuasa.

    Orang yang tidak sahur akan kekurangan nutrisi dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk membatalkan puasanya.

    Dilansir Nairaland.com, terdapat keberkahan dan keutamaan dari melaksanakan makan sahur.

    Sahur hukumnya sunat, yang merupakan rutinitas ketika menjalankan ibadah puasa, baik itu puasa sunat ataupun puasa wajib di bulan suci Ramadan.

    Bagi yang tidak tahu berkah dan manfaatnya makan sahur, bisa Anda simak disini.

    Bahkan dalam sebuah hadits nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan Abi Said al-Khudri RA, nabi bersabda: “Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air ” Sabda Nabi Muhammad SAW, dari

    Sementara itu, anjuran nabi Muhammad untuk tidak meninggalkan makan sahur ternyata berdasarkan sejumlah penelitian oleh ahli kesehatan mengatakan, ada beberapa manfaat dari makan sahur yang jarang diketahui, diantaranya:

    1. Dapat mencegah penyakit metabolic sindrom seperti kecing manis

    2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    3. Membantu keberhasilan diet
    4. Dan menjadi lebih awet muda.

    Saat sahur makanan yang dikonsumsi sebaiknya yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, lemak dan vitamin dalam takaran yang seimbang.

    Selain itu hindari pula makanan yang bisa membuat perut terasa perih seperti makanan pedas, manis dan yang mengandung kafein.

    Sebab makanan seperti itu membuat orang terganggu puasanya dan segera ingin membatalkan puasa.


    Untuk menambah energi, sebaiknya di penghujung sahur meminum susu yang kaya akan protein. Tujuannya agar tubuh semakin fit menjelang waktu berbuka puasa nanti.

    Sebaiknya hindari pula makanan berkarbohidrat tinggi dan sifatnya terlalu manis karena bisa menyebabkan energi habis dalam waktu singkat dan tubuh menjadi lemas.