• Puasa Itu Bermanfaat untuk Ibu Hamil dan Janin

    Puasa Itu Bermanfaat untuk Ibu Hamil dan Janin - Banyak ibu hamil yang ragu berpuasa karena khawatir akan berdampak merugikan bagi kesehatannya dan janin. Namun, tahukah anda ternyata puasa memberikan manfaat untuk calon ibu dan janin di dalam kandungan.

    "Dok, apa sajakah manfaat puasa bagi ibu hamil, termasuk dari segi kesehatan ibu dan janin? Tahun kemarin waktu hamil saya berhasil berpuasa sebulan penuh," tanya Tresna Edya Ananda, seperti dikutip Tribunnews.com dari Tabloid Nakita.

    Menurut dr. Amelia Wahyuni, Sp.OG, ibadah puasa tidak memiliki dampak yang merugikan bagi kesehatan calon mama maupun janin. Manfaat puasa bagi ibu hamil, dari segi kesehatan ibu, sebenarnya ibadah puasa memberikan waktu istirahat bagi pencernaan dan juga dapat mencegah penyakit yang dapat timbul akibat pola makan yang berlebihan yang dapat mengakibatkan kegemukan dan penyakit degeneratif pada calon mama dan janin.

    "Puasa merupakan terapi detoksifikasi karena dengan berpuasa asupan kalori yang masuk akan terbatasi sehingga akan menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat zat yang bersifat racun dari dalam tubuh,"jelas dr Amelia.

    Namun demikian, memang ada rambu-rambu yang harus dipenuhi. Apabila pada saat awal hamil kenaikan berat badan tidak mencapai 3,5-4 kg atau di masa akhir kehamilan kenaikannya masih di bawah 12,5-14 kg, disarankan untuk tidak berpuasa karena dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan janin.