• Ini Dia Orang-orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa

    Ini Dia Orang-orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa
    Ini Dia Orang-orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa - Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat muslim.

    Namun karena sebab tertentu seseorang diperbolehkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa karena dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatannya.

    Islam membebaskan mereka dari kewajiban menahan haus dan lapar selama sehari penuh. Dilansir beberapa sumber berita Islam ada sejumlah orang yang diberi keringan untuk tidak berpuasa, diantaranya:

    1. Orang Sakit

    Para ulama secara umum bersepakat bolehnya seorang yang sakit untuk berbuka dan menggantinya jika telah sembuh. Allah Ta’ala berfirman,

    .
    و من كان مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر

    “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain.” (QS. 2:185)


    2. Musafir

    Disyari’atkan bagi musafir –dalam perjalanan yang dibolehkan baginya mengqashar shalat- untuk berbuka. Namun, jika seorang musafir berpuasa, maka puasanya sah dalam mazhab jumhur Sahabat, Tabi’in dan para Imam yang empat.

    3. Laki-laki/Perempuan yang telah Lanjut Usia & Orang Sakit yang tidak bisa Diharapkan Kesembuhannya

    Ulama telah bersepakat bahwa orang-orang yang telah lanjut usia dan tidak mampu untuk berpuasa, boleh baginya untuk berbuka dan tidak ada kewajiban mengqadha’. Kemudian mereka berselisih apa yang wajib baginya jika dia berbuka?

    Jumhur mengatakan ; wajib baginya memberi makan satu orang miskin bagi setiap satu hari yang ditinggalkan.

    4. Wanita Hamil atau Nifas

    Jika seorang wanita hamil khawatir terhadap janinnya, dan seorang wanita yang sedang menyusui khawatir akan bayi susuannya jika dia berpuasa karena kekurangan air susu dan sebagainya disebabkan oleh puasa, maka tidak ada perselisihan diantara ulama tentang bolehnya bagi kedua wanita tersebut untuk berbuka. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,


    إن الله عز و جل وضع عن المسافر شطر الصلاة، و عن المسافر و الحامل و المرضع الصوم

    “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah meringankan bagi musafir separuh shalat, dan memberi keringanan bagi musafir, wanita hamil dan wanita menyusui dalam masalah puasa.” (HR. Ahmad)


    Kamu masuk Golongan Yang Mana?