• Gaya Hidup Anda Sudah Sehat? Cek lewat Rambut Yuk!

    Kesehatan seseorang berkaitan erat dengan gaya hidup yang dijalaninya. Pertanyaannya, apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Hal itu bisa dengan mudah dijawab hanya dengan melihat kondisi rambut.

    Tidak percaya? berikut penjelasannya seperti disitat Prevention.

    1. Anda stres
    Stres kerap ditandai dengan kerontokan rambut. Amy Wechsler, MD, dokter kulit dan juga psikiater dari New York City mengatakan, normalnya, rambut rontok sebanyak 80-100 helai sehari. Artinya jika lebih dari itu, Anda benar-benar sedang stres.

    Tak usah panik dengan keadaan itu. Amy menyarankan untuk tidak terlalu fokus pada kerontokan rambut, akan tetapi pada kesehatan secara keseluruhan. "Pastikan Anda tidur malam selama 7,5-8 jam, lakukan aktivitas penghilang stres dan gunakan obat penumbuh rambut," saran dia.

    2. Anda makan terlalu banyak Junk Food
    Mengkonsumsi makanan tidak sehat berdampak pada keindahan rambut. Wendy Bazilian, RD, penulis buku The Superfoods Rx Diet menjelaskan, junk food dapat membuat rambut Anda terlihat tak berkilau, kusam, rapuh, dan menipis.

    "Rambut juga seperti jantung. Ia tak akan berubah rapuh hanya karena satu burger. Tapi seiring waktu, tiap helainya bisa menderita kekurangan gizi," katanya.

    3. Anda kekurangan lemak
    Terlalu banyak konsumsi lemak memang memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Namun, mengurangi asupan lemak sama sekali bisa berdampak buruk pada rambut.

    Bazilian menjelaskan, kekurangan lemak bisa menghilangkan kilau rambut, serta membuatnya rapuh. "Untuk rambut sehat berkilau, pilih lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, minyak ikan, dan coklat hitam.

    4. Anda kurang minum air putih
    Apakah rambut Anda selalu berminyak dan kaku? Padahal, Anda rajin keramas. Jika itu terjadi, ada kemungkinan rambut mengalami dehidrasi karena asupan air Anda sehari-hari kurang.

    The Institute of Medicine merekomendasikan agar tubuh mendapatkan 2,7 liter perhari dari minuman dan makanan yang mengandung air.