Gaes! Ini 5 Kemampuan Multitasking Yang Salah Penerapan Di Kampus

shares |

Bagi mahasiswa, melakukan banyak hal di saat yang sama (multitasking) tentu sudah biasa. Ada beberapa orang yang bisa melakukan multitasking dengan baik. Tapi, apakah kamu tahu ada beberapa kebiasaan buruk saat melakukan multitasking?

Dikutip dari Collegelife About, Selasa (5/5/2015), berikut kebiasaan-kebiasaan berbahaya tersebut.

1. Bersosialisasi sambil menyelesaikan tugas

Sebagian orang belajar dan mengerjakan tugas di tengah kebisingan. Padahal, kebisingan itu merupakan suatu gangguan. Jika kamu melakukan multitasking antara bersosialisasi dan mengerjakan tugas, bukan hal yang mustahil jika kamu akan lebih banyak mengobrol dengan teman dibandingkan dengan mengerjakan tugas. Kamu bisa melakukan multitasking saat belajar, misalnya dengan mendengarkan musik atau belajar dengan teman yang sama-sama fokus.

2. Multitasking dengan media sosial

Kamu tidak bisa membagi fokus antara mengerjakan sesuatu dengan memerhatikan media sosial. Hal ini karena kamu akan lebih sering memerhatikan layar ponselmu dibandingkan dengan menyelesaikan suatu tugas. Setiap beberapa menit kamu akan tergoda untuk mengecek akun-akun media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

3. Multitasking di kelas

Saat di kelas, sebaiknya kamu fokus memerhatikan pelajaran. Jika kamu mencoba untuk multitasking, kamu diibaratkan hadir di kelas tapi seperti tidak hadir. Sebab, kamu hanya menyibukkan diri untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain di luar pelajaran yang ada di kelas.

4. Bingung membedakan antara multitasking dengan menunda pekerjaan

Menunda suatu pekerjaan sering dilakukan oleh mahasiswa. Banyaknya tugas yang harus diselesaikan membuatmu ingin menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut dalam satu waktu. Untuk itu, kamu harus bisa membuat prioritas. Fokuslah pada hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

5. Terlalu banyak orang yang terlibat dalam pekerjaan

Usahakan kamu menyelesaikan apa yang harus kamu selesaikan sendiri. Tidak usah terlalu mencampuri pekerjaan orang lain karena itu bukan termasuk dalam multitasking. Kamu hanya cukup menyelesaikan segala tugasmu dengan baik.

Related Posts