Dinkes Bontang Siapkan 1.000 Vaksin Rabies

shares |

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang, melakukan penyuntikan vaksin rabies gratis di 15 kelurahan se-Kota Bontang.

Program vaksin rabies ini dijalankan guna mengantisipasi potensi penularan virus rabies melalui hewan peliharaan, khusus kucing dan anjing.

“Tahun ini kita akan melakukan penyuntikan vaksin rabies kepada hewan-hewan peliharaan warga di 15 kelurahan,” ujar petugas vaksinasi rabies Dinkes Bontang dr Chusnul, saat ditemui disela-sela kegiatan vaksin rabies di Kelurahan Tanjung Laut, Bontang Selatan, Rabu (6/5/2015).

Program vaksinasi rabies ini merupakan kegiatan rutin yang dijalankan Dinkes. Khusus tahun ini, Dinkes kata Chusnul, sudah menyiapkan 1.000 dosis vaksin.

“Program ini diharapkan bisa mempertahankan status membantu pemilik untuk menjaga hewan kesayangan mereka bebas dari rabies,” katanya.

Ia berharap warga yang memelihara kucing dan anjing atau hewan sejenis memanfaatkan program vaksin tersebut.

Caranya, cukup berkoordinasi dengan kelurahan setempat untuk mengikuti vaksin di wilayahnya. “Caranya cukup melapor ke RT atau kelurahan untuk didata. Nanti tim kami yang turun ke lapangan mendatangi rumah warga,” paparnya.

Meski kasus rabies di Bontang tergolong nihil, pemerintah lanjut dr Chusnul tetap berkepentingan untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan tersebut.

Dijelaskan, biaya vaksin rabies sebenarnya cukup mahal, yakni bisa mencapai Rp 250.000 per satu kali vaksin.

“Pemahaman akan penularan rabies di masyarakat masih rendah. Nah kami berharap program ini sekaligus menjadi edukasi bagi warga,” bebernya.

Ketua Ikatan Cat Indonesia, Bontang, Slamet, menyambut baik program vaksinasi rabies yang dijalankan Dinkes Bontang. Ia mengaku sangat tertolong dengan program vaksinasi gratis.

“Kami sangat terbantu dengan program vaksin gratis ini,” tandasnya. (*)

Related Posts