• Bunda Wajib Baca Ini Ya! Waspada, Make Up Picu Risiko Menopause Dini

    MAYORITAS wanita menggunakan make up untuk mempercantik dirinya. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa make up yang digunakan ternyata memicu risiko menopause dini.

    Menurut sebuah penelitian, hal ini disebabkan bahan kimia pada lipstik, krim wajah dan cat kuku, yang dapat mempercepat proses menopause empat tahun lebih cepat.

    Sebuah penelitian menguji efek dari 111 bahan kimia pada 31.575 wanita. Hasilnya, sebanyak 15 bahan kimia yang berbeda, diidentifikasi sebagai bahan kimia berbahaya oleh tim peneliti di Washington University di St Louis. Salah satunya adalah bahan kimia phthalates yang kerap digunakan untuk melunakkan plastik.

    Bahan kimia ini seringkali ditemukan dalam kemasan makanan, produk rumah tangga, parfum, lipstik, sabun dan termasuk produk perawatan rambut lainnya. Perlu diketahui, Para ilmuwan menganalisis kadar 111 bahan kimia dalam darah dan urin dari 31.575 wanita yang ikut dalam studi ini.

    Temuan mereka menunjukkan bahwa, wanita dengan kadar bahan kimia tertentu , mengalami perubahan dalam kurun waktu dua sampai empat tahun lebih awal, dibandingkan dengan wanita yang memiliki kadar bahan kimia lebih rendah.

    Dilansir dari Timesofindia, Senin (2/2/2015), Seorang peneliti senior bernama Profesor Cooper Amber, mengatakan "Bahan kimia yang terkait dengan menopause lebih awal dapat menyebabkan penurunan fungsi ovarium dan kita sebagai masyarakat harus peduli akan hal ini.”

    Sebuah penurunan fungsi ovarium tidak hanya mempengaruhi kesuburan, tetapi dapat menyebabkan seorang wanita menderita penyakit jantung, osteoporosis dan masalah kesehatan lainnya. Bahan kimia ini juga diketahui meningkatkan risiko kanker, sindrom metabolik dan pubertas dini.