3 Hal Penting Dalam Menjalankan Bisnis

shares |

Berbisnis memang bukan hanya masalah keinginan, kemampuan dan keuntungan. Tapi berbisnis juga masalah dampak dan manfaat untuk orang lain.

Sebelum mendirikan sebuah bisnis kita juga akan disibukkan untuk memenuhi kebutuhan ini dan itu. Mulai dari modal, produk, tempat usaha, media promosi dan juga pelayanannya. Tapi ada yang lebih penting dari itu. Ini dia 3 hal yang sangatlah penting bagi kita ketika ingin menjalankan bisnis.

1. Passion

Passion memang bukan satu – satunya hal penting di dalam perjalanan bisnis kita. Tapi di dalam passion, ada ambisi, cita – cita dan impian kita untuk menciptakan dan melayani siapapun dengan baik. Ini memberi kita kesempatan untuk menunjukkan sisi yang berbeda kepada dunia luar.

Contohnya saja, Steve Jobs yang memiliki visi bahwa sebuah telepon dengan tombol berupa sentuhan jari. Jeff Bezos dari Amazon memiliki visi untuk membuat toko yang menjual apapun.

Mereka adalah tokoh terkenal dengan visi yang bahkan tidak pernah terbayangkan oleh orang lain. Unik dan jelas berbeda dari orang lain. Dan setiap pemilik bisnis kecil yang ingin sukses harus memiliki semangat yang mampu mendorong mereka maju dan bahkan berani memperjuangkan visi mereka.

2. Kebebasan

Selain passion atau gairah, kita juga harus memiliki kebebasan. Kebebasan adalah kemampuan untuk menghabiskan waktu dan segala yang kita miliki sesuai dengan keinginan kita. Kebebasan finansial mungkin salah satu tujuan kita mulai menjalankan bisnis. Tapi mengembangkan sebuah bisnis memberikan kita sebuah kemampuan untuk memberi kebebasan bagi orang lain. Kita bukan hanya membayar karyawan, tapi kita juga membantu meningkatkan kualitas kehidupan keluarga mereka.

Kebebasan yang kita inginkan bukan hal yang mudah kita dapatkan. Kita harus mau mengorbankan waktu yang kita miliki untuk keluarga, teman dan juga hobi kita.

Seorang pemilik bisnis harus tahu dimana kebebasan bisa mereka dapatkan. Kebebasan mengeluarkan ide, kebebasan mengeksplorasi kemampuan dan keahlian dan juga kebebasan untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan keinginan.

3. Dampak

Dan yang terakhir adalah inti dari segalanya, yaitu dampak. Sebuah bisnis dibangun dan dikembangkan agar bisa memberi dampak bagi orang lain. Kita mungkin berfikir bahwa bisnis yang menghasilkan banyak keuntungan akan mudah memberi dampak. Tapi ingat, Jangan pernah menunggu untuk memberi dampak. Mulailah memberi dampak sejak awal, bahkan sangat awal ketika bisnis masih baru dirintis.

Ciptakan bisnis yang memberi dampak bagi orang lain. Ketika kita memfokuskan dampak yang kita berikan, maka kita jelas akan memberikan dampak bagi orang lain setiap harinya.

Miliki visi yang besar untuk memberi dampak bagi orang lain. Jangan takut untuk memikirkan dampak positif yang akan diberikan untuk orang lain dari bisnis kita. Ketika visi dan niat memberi dampak bagi orang lain, secara otomatis itu akan mendorong kita untuk maju dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Passion, Kebebasan dan dampak tidak berjalan sendiri – sendiri. Mereka tumuh dan berkembang secara bersama – sama. Tanpa semangat untuk mengembangkan binsis, kita tidak dapat memiliki kebebasan yang kita inginkan ataupun kekuatan untuk menciptakan sebuah dampak besar bagi orang lain.(vaa/ciputraentrepreneurship.com)

Related Posts