Twitter Luncurkan Layanan Live Streaming Periscope

shares |

Tepat sebulan sesudah layanan aplikasi live streaming Meerkat menghentak pasar, Twitter hari ini, Jumat (27/3/2015), meluncurkan layanan sejenis yang mereka namai Periscope. Kedua layanan ini memungkinkan pengguna Twitter untuk menyiarkan secara langsung kejadian di sekitarnya kepada follower-nya di Twitter. Sayangnya, keduanya baru tersedia secara eksklusif untuk iOS.

Periscope tadinya merupakan perusahaan yang berdiri sendiri, dan baru diakuisisi Twitter pada Januari lalu. Periscope dan Meerkat menawarkan fitur yang sangat mirip. Sembari menyiarkan kejadian, pengguna dapat chatting dengan para penonton. Video yang pengguna siarkan secara langsung juga dapat tersimpan secara otomatis.

Namun, Periscope sedikit lebih unggul karena sudah hadir di pasar terlebih dahulu dan penggunanya sudah ratusan ribu, termasuk sejumlah media besar. Menjadi yang pertama memang bukan jaminan terbaik, tetapi setidaknya Meerkat kini punya pengguna loyal.

Kehadiran Meerkat dan Periscope dipastikan akan membawa jejaring sosial Twitter ke tahap selanjutnya. Suatu saat, kita mungkin akan menyaksikan siaran langsung konser, kebakaran atau gempa bumi melalui Twitter, bukan televisi.

Tiap layanan pasti punya sisi negatif dan positif. Periscope memungkinkan Anda membuat video pribadi. Artinya, sama dengan kehadiran Snapchat, Periscope juga membuka peluang semacam sexting dalam ranah video.

Related Posts