• Tips Membuat Presentasi PowerPoint yang Menarik

    Presentasi PowerPoint, jika dilakukan dengan benar, akan dapat menarik perhatian penonton, sehingga mereka dapat menangkap informasi yang disajikan dengan mudah. Sebaliknya, presentasu PowerPoint yang buruk akan dapat dengan mudah membuat para penonton tertidur.

    Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk memastikan PowerPoint Anda menarik dan tetapi informatif? Inilah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan.

    Tiga hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat presentasi yang menarik: konten, desain dan penyampaian.


    1. Konten
    Jika sudah memiliki satu konsep untuk presentasi Anda, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang sesuai dengan konsep tersebut. Pastikan presentasi Anda singkat dan jelas.

    Jika Anda adalah seorang penulis, tuliskan konsep yang sudah Anda miliki. Penulis terbaik sekali pun dapat menjadi lebih baik setelah mendapatkan feedback dari pembaca atau meminta orang lain untuk menyempurnakan hasil presentasi Anda.


    2. Desain
    Buatlah desain yang sederhana tetapi mudah diingat. Gunakan desain yang membuat konsep yang rumit menjadi terlihat sederhana. Baik warna ataupun aspek lainnya harus terlihat menyatu dengan isi dari presentasi Anda. Jika Anda bingung desain seperti apa yang menarik, sebaiknya Anda gunakan desain yang sederhana. Dan kiat ini juga berlaku saat Anda memilih animasi dan transisi halaman.

    Ikuti aturan 10/20/30: buat 10 slide, jelaskan dalam waktu 20 menit dan gunakan font dengan ukuran 30 atau lebih besar lagi.


    3. Penyampaian
    Pastikan apa yang Anda katakan dan apa yang tertulis pada slide Anda berbeda, sehingga para pendengar tak merasa bosan saat mereka mendengarkan Anda. Gunakan cara penyampaian yang beragam dan pastikan Anda menatap mata para pendegar.

    Dan kiat yang terakhir, sering-seringlah berlatih. Tak peduli apakah Anda berlatih di hadapan binatang peliharaan Anda atau di depan rekan kerja Anda, semakin sering Anda melatih cara Anda menyampaikan konten Anda, maka semakin baik pula persentasi Anda. (makeuseof)



    Sumber : Teknologi MetroTvNews.com