Menyembuhkan Infeksi Paru Paru Dengan Bawang Putih

shares |

Bawang putih selama ini diidentikkan dengan bumbu masakan. Namun, bawang putih juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Menurut studi baru, bawang putih membantu melawan infeksi paru-paru.

Bawang putih dapat menjadi senjata rahasia bagi orang-orang dengan cystic fibrosis yang melawan infeksi paru-paru parah. Cystic fibrosis adalah kelainan genetik yang memengaruhi paru-paru dengan gejala jangka panjang seperti kesulitan bernapas dan batuk dahak.

Sebuah tim peneliti dari Edinburgh University menunjukkan, allicin, bahan kimia yang ditemukan dalam bawang putih bisa membunuh bakteri yang sangat tahan terhadap mayoritas antibiotik.

“Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu reservoir yang kaya akan senyawa antimikroba yang terdapat pada tanaman seperti bawang putih yang mengandung senyawa Allicin," kata peneliti Profesor John Govan, seperti dilansir laman Health Me Up, Minggu (29/3).

Allicin secara alami diproduksi bawang putih untuk menangkis patogen tanaman yang ditemukan di dalam tanah. Hal ini dapat diekstraksi dengan menghancurkan bawang putih mentah dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Para peneliti berharap, allicin yang mengandung obat-obatan dan antibiotik yang tersedia bisa digunakan bersama-sama untuk mengobati infeksi BCC. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE. (fny/jpnn)

Related Posts