• Pelayanan Samsat Online Di Berau Macet

    Buruknya jaringan internet belakangan berdampak pada layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Kabupaten Berau. Kasat Lantas Polres Berau, AKP Ferli Hidayat melalui Baur STNK, Aiptu Nyoman membenarkan mandeknya layanan Samsat sejak beberapa hari lalu.

    Kepada Sapos, Nyoman menyebutkan sementara ini layanan pembayaran pajak kendaraan online belum dapat dilakukan. “Sudah sejak hari Jumat lalu kita tidak bisa layani administrasi pajak kendaraan online,” ungkap Nyoman, Senin (16/2) kemarin.

    Sampai kemarin pun, layanan tersebut masih offline. Menurutnya, sejak gangguan terjadi, seluruh pemohon terpaksa gigit jari. Sejak diberlakukan, pembayaran pajak kendaraan via online untuk kendaraan luar daerah diakui cukup banyak.

    Hanya saja, layanan pada sistem ini tergantung pada kondisi jaringan internet sebagai media penyambung utama. Sejak terjadi gangguan, pihaknya diakui Nyoman, belum mendapat konfirmasi kapan jaringan tersebut kembali normal. “Kita juga belum tahu kapan bagusnya, sebab jaringan ini servernya bukan di Berau,” jelasnya. Ditambahkan, sistem jaringan yang digunakan Samsat induk jalan dr Murjani I ini berbeda koneksi dengan Samsat yang ada di pasar Sanggam Adji Dilayas, itu koneksi dari Telkom Berau.

    Seluruh pemohon baik warga yang menetap di Berau yang menggunakan kendaraan luar daerah maupun sebaliknya hingga kemarin belum bisa memperpanjang pajak kendaraannya. Menurut Nyoman tidak sedikit pemohon via online yang datang untuk perpanjngan.

    Namun kendala ini ditegaskannya tidak berdampak pada layanan administrasi umum lainnya. Kecuali online, semua pelayanan seperti untuk kendaraan baru maupun lama, perpanjangan STNK, mutasi, pengesahan tetap berjalan normal. “Semuanya normal kecuali yang online ini, kami juga masih menunggu konfirmasi jaringan kapan baru bisa normal, sebab sekali lagi ini bukan koneksi dari Berau tapi luar daerah, jadi sementara kita tidak layani yang online dulu,” tandasnya.