• Cegah Gigi Berlubang dan Alergi Dengan Rutin Minum Teh Hijau

    Secangkir teh hijau hangat dapat membuat tubuh lebih sehat. Kandungan antioksidannya dapat melawan berbagai masalah penyakit mulai dari alergi hingga kanker . Selain itu teh hijau juga dapat membantu sehatkan mata dan juga gigi.

    ​Teh hijau memang ternama karena kandungan antioksidannya. Namun, ada beberapa khasiat lain yang tak benyak dikenal orang.​

    1. Melawan Alergi

    Minum teh hijau secara rutin ​telah terbukti dapat melawan alergi karena senyawa epigallocatechin gallate (EGCG). Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Cytotechnology menemukan polifenol teh dapat mengurangi alergi selain itu quercetin. ​F​lavonol yang terjadi alami dalam teh juga dapat meringankan respon histamin.

    2. Sehatkan mata

    Mata menyerap catechin dengan konsentrasi tinggi antioksidan yang dapat menembus jaringan mata dan menghasilkan aktivitas antioksidan. Cathecin, antioksidan dalam teh hijau mampu diserap ke dalam jaringan mata.

    Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Eye Research menemukan bahwa teh hijau dapat mencegah katarak. Para peneliti melihat bagian yang berbeda dari yang diserap mata dalam jumlah cathecin, dengan konsentrasi tertinggi antioksidan yang ditemukan dalam retina tikus laburatorium yang diberi ekstrak teh hijau. Daerah yang paling menyerap cathecin terbanyak adalah kornea. Temuan ini menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat berfungsi sebagai perlindungan mata.

    3. Turunkan kolesterol

    Banyak mengonsumsi makanan berminyak dapat sebabkan kolesterol ​darah ​meningkat. Antioksidan dalam teh hijau (EGCG) diyakini dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus besar.

    Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition menemukan konsumsi teh hijau secara signifikan dapat menurunkan koles​terol total serum dan LDL kolesterol di 14 uji coba terkontrol secara acak lebih dari 1.100 peserta.

    Secara keseluruhan, asupan teh hijau menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total. Penelitian ini menunjukkan minum lima cangkir teh hijau per hari akan mengurangi kadar kolesterol.

    4. Tingkatkan kesehatan gigi dan gusi

    Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology menemukan asupan teh hijau berbanding terbalik dengan penyakit periodontal.​ K​arena adanya chatecin. Chatecin mengurangi peradangan dalam tubuh. Oleh karena itu mengganggu respon inflamasi tubuh terhadap bakteri periodontal. Teh hijau mampu ​ mengendalikan bakteri dan menurunkan keasaman saliva dan plak gigi sehingga bisa mencegah gigi berlubang.

    5. Cegah kanker mulut

    Menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu membunuh sel-sel kanker melalui penghancuran mitokondria sel dan bahkan mungkin menjadi alternatif untuk melemahkan sel kanker.

    6. Perlindungan UV

    Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan dosis yang relatif rendah (540 mg) chatecin teh hijau setiap hari bersama dengan 50 mg vitamin C selama 12 minggu atau dua cangkir teh hijau cukup dapat mengurangi efek radiasi UV pada kulit.

    Ketika paparan UV menghasilkan peradangan, suplemen teh hijau mengurangi efek tersebut. Ini adalah pertama kalinya dosis oral teh hijau telah terbukti membuat
    ​memperlancar ​ jaringan kulit untuk membatasi efek dari sinar ultraviolet matahari.