• 4 Kemampuan Bisnis yang Bisa Diajarkan pada Anak Kecil

    4 Kemampuan Bisnis yang Bisa Diajarkan pada Anak Kecil - Mayoritas orangtua di dunia pasti ingin buah hatinya tumbuh besar dan menjadi orang sukses kelak ketika dewasa. Tak perlu khawatir, kemampuan agar sukses berbisnis ternyata bisa dipelajari sejak dini.

    Anak kecil berpotensi menjadi lebih sukses jika dirinya mengembangkan pola pikir pebisnis sejak usia muda. Dari usia muda dirinya dapat dididik agar mampu melihat berbagai tantangan dan peluang bisnis yang terbentang di hadapannya.

    Mengapa harus menunggu hingga dewasa jika anak Anda bisa belajar menggapai kesuksesan sejak masih kecil? Berikut empat kemampuan bisnis yang bisa diajarkan pada anak kecil seperti dikutip dari Lifehack.org, Kamis (22/1/2015):

    1. Kreatif dan inovatif

    Bukan rahasia lagi, para pengusaha dituntut agar kreatif dan inovatif. Menyelesaikan masalah yang rumit dalam menjalani sebuah bisnis membutuhkan kreativitas tinggi.

    Sejak kecil, luangkan waktu agar anak-anak berpikir kreatif sejak kecil. Tanyakan pertanyaan seperti, apa rencana sang anak untuk menyelesaikan sebuah masalah.

    Tanyakan banyak pertanyaan dan bantu dirinya menjawab itu semua. Pikiran kreatif merupakan kunci inovasi dan semua itu dapat diasah sejak kanak-kanak.

    2. Inisiatif

    Para pengusaha harus berinisiatif tinggi. Dengan inisiatif tinggi, pengusaha dapat mengembangkan banyak peluang untuk melancarkan berbagai strategi bisnis.

    Ajarkan anak kecil dengan memberinya contoh mengambil inisiatif. Itu menunjukkan pada anak-anak bahwa ada hal yang harus dilakukan dengan cepat tanpa ragu.

    3. Percaya diri

    Kepercayaan diri merupakan rasa percaya terhadap kemampuan, kualitas dan penilaian seseorang. Memiliki kemampuan percaya diri yang tepat merupakan kunci mencapai kesuksesan.

    Menurut sejumlah riset psikologi, kepercayaan diri dapat membantu para pengusaha memanfaatkan sumber dayanya.

    Sejak kecil, tuntun anak Anda untuk mengambil keputusan sendiri dan dorong mereka untuk berani memilih. Bantu anak mengembangkan berbagai idenya sejak usia dini.

    4. Empati

    Kemampuan untuk berempati berupakan bagian dari pimpinan yang efektif. Pengusaha sukses sangat tahu bagaimana mencoba memahami perasaan orang lain.

    Empati bukan hal yang bisa dimiliki atau tidak, tapi ini merupakan bentuk pemahaman kondisi yang harus ditanamkan sejak kecil. Anda dapat membantu siswa mengembangkan rasa empati pada orang disekitarnya.
    Sebagai orangtua, ajarkan anak-anak untuk menghargai perasaan orang lain sejak kecil. Kemampuan membangun hubungan emosinal yang bail lebih bermakna dalam membangun kesuksesan yang dapat memberikan kebahagiaan sejati.
    -Liputan6-