Penginapan Di Derawan

shares |

Sebelum ke Derawan, Pastikan Penginapan Tersedia - Libur panjang yang dimulai bersamaan dengan perayaan Natal, banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur. Tidak sedikit wisatawan yang menghabiskan waktu liburnya di Pulau Derawan dan Pulau Maratua, Kabupaten Berau.

Jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke pulau-pulautersebut meningkat drastis, akibatnya, hampir seluruh pengelola penginapan maupun resort mengaku kewalahan melayani tamu yang ingin mencari tempat tinggal selama liburan.

Menurut Kepala Kampung Pulau Derawan, H Bahri, lonjakan pengunjung saat libur panjang memang selalu terjadi. “Setiap tahun selalu seperti itu. Aplagi kalau libur panjang seperti Idul Fitri, libur Natal, tahun baru selalu dipadati pengunjung,” kata Bahri kepada Tribun, Minggu (29/12).

Menurut Bahri, jumlah pengunjung Pulau Derawan saja, pada saat libur panjang seperti sekarang, jumlahnya bisa mencapai 2.000 pengunjung. Bisa ditebak, seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak wisatawan yang tidak mendapat penginapan.

Mereka terpaksa menginap di sejumlah fasilitas umum, seperti di panggung hiburan yang didirikan oleh warga maupun menginap di masjid. Sejauh ini, upaya yang dilakukan oleh aparat kampung untuk membantu para wisatawan adalah dengan memberikan informasi penginapan dan resort yang sudah kosong.

Agar tidak terulang terus-menerus, Bahri kembali mengingatkan kepada masyarakat yang ingin berlibur di Pulau Derawan, agar memesan tempat terlebih dahulu sebelum datang ke pulau wisata andalan Kabupaten Berau itu.

Terlebih lagi menjelang malam tahun baru ini, Bahri menduga, jumlah wisatawan yang datang akan semakin banyak.

“Karena ini terjadi setiap tahun, jadi melalui media, saya sarankan, masyarakat yang ingin berkunjung ke Pulau Derawan, pesan dulu penginapan. Daripada nanti datang tidak mendapat tempat menginap akhirnya kecewa,” jelasanya.

Menurut Bahri, tidak sedikit wisatawan yang kecewa dan memilih kembali pulang. “Kan kasihan juga mereka datang jauh-jauh dengan biaya mahal, sampai di sini tempat penginapannya penuh,” tandasnya.

Related Posts