• Otsus Jangan hanya di Kaltim dan Kaltara, Tapi juga di Seluruh Kalimantan

    Otsus Jangan hanya di Kaltim dan Kaltara, Tapi juga di Seluruh Kalimantan - Berbagai komentar datang menanggapi tuntutan otonomi khusus (otsus) yang didengungkan Provinsi Kaltim, bahkan Kaltara.

    Seorang tokoh pemuda di Bulungan Suryanata Al Islami menyatakan, tuntutan Otsus jangan hanya dilakukan oleh Kaltim dan atau Kaltara, tetapi Kalimantan secara keseluruhan. Sebab ekspresi kekecewaan rakyat atas disparitas pembangunan antara Jawa dan Kalimantan tidak hanya terjadi di kota-kota besar di Kaltim.

    “Pemerintah pusat harus segera menyikapinya dengan memberikan porsi keadilan bagi masyarakat Kalimantan secara umum, bukan hanya di Kaltim dan Kaltara. Sudah terlalu lama rakyat Kalimantan hanya disuguhi retorika pembangunan,” sebutnya.

    Khusus di Kaltara, pihaknya mengharapkan perlu perhatian khusus sebagai kawasan perbatasan. Selain perhatian dari pemerintah pusat juga harus dibarengi aksi konkret dalam pembangunan sarana, prasarana dan kesejahteraan bagi warga perbatasan.

    “Intinya, kepedulian pemerintah pusat dan aksi konkretnya pada kawasan perbatasan sama dengan memperkuat NKRI serta mengangkat harkat dan martabat bangsa di mata negara tetangga. Kalimantan harus disentuh secara nyata, bukan retorika,” ujar Ketua KAHMI Bulungan ini. (