• Twitter & Path Siap Tikung Facebook

    Twitter & Path Siap Tikung Facebook
    Twitter & Path Siap Tikung Facebook - Aplikasi jejaring sosial memiliki siklus lima tahunan yang akan membuatnya terlihat apakah akan terus bertahan, atau ditinggalkan penggunanya. Menurut pengamat telematika, Heru Sutadi, Facebook saat ini telah melewati siklus tersebut.

    “Umur suatu aplikasi sosmed dapat dilihat dari fase lima tahunan. Setelah lima tahun, biasanya masyarakat mulai mengevaluasi layanan yang diberikan oleh aplikasi tersebut,” ucap Heru saat dihubungi Techno Okezone, Jumat (28/11/2014).

    Di umurnya yang sekarang (Facebook), tampaknya masyarakat Indonesia sudah mulai bosan menggunakannya. Ditambah lagi banyak aplikasi lain yang bermunculan dan menawarkan fitur lebih menarik.

    “Sekarang ini Facebook sudah umum digunakan oleh masyarakat, tidak hanya di kota bahkan sampai ke desa. Dewasa hingga anak-anak, dari orang kaya sampai masyarakat biasa,” lanjut Heru lagi.

    Heru melihat, Facebook sudah melewati fase puncak dan sekarang siap menuju fase penurunan. Menurutnya layanan yang saat ini sedang berada di belakang Facebook untuk menuju ke puncak adalah Twitter dan Path.

    Meski demikian, tambah Heru lagi, Facebook tetap berusaha untuk mempertahankan kedudukannya dengan meluncurkan fitur-fitur lain yang mampu menarik minat pengguna. Namun sayangnya, layanan itu pun kurang diminati seperti Facebook Messenger misalnya.

    Berita sebelumnya mengabarkan, Global Web Index (GWI) mencatat bahwa basis pengguna aktif dari Tumblr mengalami peningkatan sebesar 120 persen dalam enam bulan terakhir, dan berhasil menyingkirkan Facebook yang hanya tumbuh sebanyak 2 persen.

    Di tingkat global, menurut penelitian yang dilakukan di Inggris dan AS, tercatat sebesar 50 persen pengguna mengungkapkan bosan menggunakan situs jejaring sosial ini.