Pertamina Garap Kilang Baru di Bontang dan Tuban

shares |

Pertamina Garap Kilang Baru di Bontang dan Tuban
Pertamina Garap Kilang Baru di Bontang dan Tuban - Direktur PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengaku perseroan akan membangun dua kilang baru. Hal ini dilakukan lantaran kapasitas kilang perseroan saat ini hanya 800.000 barel per hari.

Padahal, kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional per harinya mencapai 1,6 juta barel per hari. Dia menyebutkan Pertamina akan membangun kilang baru yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timu dan Tuban, Jawa Timur.

"Lokasinya ada di Bontang bersampingan dengan fasilitas kilang LNG Bontang. Kedua, lokasinya di Tuban yang memanfaatkan fasilitas kilang TPPI," ungkapnya di Hotel Ritz Calton, Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Di sisi lain, dirinya juga menyebutkan Pertamina akan membangun kilang kecil di Indonesia bagian timur yang akan digunakan untuk mendistribusikan BBM ke wilayah timur.

"Untuk mengefisienkan distribusi BBM ke daerah timur Indonesia," lanjutnya.

Pihaknya juga menuturkan rencana pembangunan kilang minyak baru dilakukan karena kilang berusia 20 tahunan dan tidak efisien. "Akibatnya total kita impor BBM mencapai 52 persen," tukasnya.

Related Posts