Daya Saing Ekonomi Kota Bontang Paling Tinggi se-Kalimantan

shares |

Daya Saing Ekonomi Kota Bontang Paling Tinggi se-Kalimantan
Daya Saing Ekonomi Kota Bontang Paling Tinggi se-Kalimantan - Kota Bontang menempati posisi tertinggi dari sisi daya saing dibandingkan 55 kabupaten dan kota di Kalimantan. Bahkan kota Bontang menempati peringkat ke-8 daya saing ekonomi daerah dari 482 kabupaten/kota di tanah air.

"Dari 55 kabupaten/kota di Kalimantan, kabupaten/kota yang berada di Kalimantan Timur mendominasi peringkat-peringkat atas," kata Siti Hastiah, Direktur Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral dalam Diseminasi Kebijakan Moneter dan Prospek Ekonomi 2015 dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Kaltim Ke Depan di Kantor Perwakilan BI Balikpapan, Rabu (3/12/2014).

Menurut Siti, daya saing daerah adalah kemampuan daerah untuk menyirnegikan antara input, output, dan outcome yang ada di daerahnya secara berkelanjutan dengan tetap memperhatikan perubahan teknologi dan institusi yang ada di daerah tersebut dan mampu meningkatkan standar kehidupan masyarakatnya.

"Ada 34 variabel dari 8 indikator yakni potensi masyarakat, SDA dan energi, jasa keuangan, transportasi dan komunikasi, sumber daya manusia, kemudahan investasi, produktivitas sektoral serta pemerintah dan keuangan daerah," ujarnya.

Peringkat atas untuk daya saing daerah didominasi kota dan kabupaten besar di Pulau Jawa dan luar Jawa yang berbasis industri atau pertambangan. "Kabupaten dan kota di Kalimantan yang masuk dalam 10% peringkat atas adalah Bontang, Banjarmasin, Balikpapan dan Samarinda," ujarnya. (*)

Related Posts