• UMK Terbaru Kabupaten Berau : Ditetapkan Rp 2.381.300,-

    TANJUNG REDEB. UMK Terbaru Kabupaten Berau : Ditetapkan Rp 2.381.300,- - Dewan Pengupahan Kabupaten Berau akhirnya sepakat untuk menetapkan Upah Minuman Kabupaten (UMK) Berau sebesar Rp 2.381.300. Penetapan ini setelah melalui beberapa kali rapat yang digelar Pemkab Berau melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) serta serikat buruh/ pekerja. Rapat terakhir digelar Senin (10/11) lalu. Penetapan ini pun sudah mendapat persetujuan Bupati Berau Makmur HAPK selaku kepala daerah dengan menandatangi surat rekomendasi penetapan UMP, Rabu (12/13) kemarin, yang selanjutnya disampaikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

    Kepala Disnakertrans Berau, Syarkawi HAB kepada media ini, kemarin, menjelaskan jika pembahasan dewan pengupahan berlangsung lancar. Pembahasan tahun ini juga berbeda dengan pembahasan tahun-tahun sebelumnya. Penetapan ini juga sudah sesuai dengan batas waktu yang diberikan yaitu 40 hari sebelum 1 Januari 2015 dimana UMK ini diberlakukan. "UMK sudah dibahas dan ditetapkan, besarannya juga sudah mendapat persetujuan dari pak bupati untuk selanjutnya kita sampaikan ke provinsi," ungkapnya.

    Penetapan UMK ini, menurut Syarkawi melebihi 80 persen dari Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebesar Rp 2.689.239. Jika tahun sebelumnya sekitar 85,31 persen dari KHL sebesar Rp 2.458.860 saat itu. Tahun 2015 nanti dikatakan Syarkawi ditetapkan sebesar 88,54 persen dari KHL. "Jadi sudah hampir mendekati besaran KHL," jelasnya.

    Besaran UMK ini juga bertambah lebih dari Rp 200 ribu dari UMK pada tahun 2014 ini yang sebesar Rp 2,1 juta. Dengan penetapan besaran ini diharapkan Syarkawi setelah nantinya mendapat persetujuan provinsi dan ditetapkan dalam surat keputusan Gubernur Kaltim, seluruh dunia usaha di Bumi Batiwakkal dapat mematuhi penetapan ini dalam membayar gaji atau pun upah para karyawannya. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Apindo maupun serikat pekerja yang telah melakukan pembahasan bersama dewan pengupahan serta menghasilkan besaran UMK ini. "Kita berharap dengan penetapan ini seluruh pelaku usaha bisa mematuhi untuk diterapkan setelah nanti ditetapkan dengan surat keputusan," tandasnya.