• Proyek Taman Kota Samarinda di Kompleks GOR Segiri

    Proyek Taman Kota Samarinda di Kompleks GOR Segiri - Proyek taman kota di Kompleks GOR Segiri diprediksi tuntas kurang satu tahun. Sementara pembangunan ulang GOR Segiri karena terkena dampak pembuatan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Tepian diperkirakan dua tahun. Proyek ini akan menelan duit hingga Rp 120 miliar. Estimasi penyelesaian proyek juga bergantung dengan kekuatan anggaran Pemkot Samarinda.

    Yus Hariyanto, konsultan perencana PT Jasa Teknik Mandiri yang dipercaya merancang detailed engineering design (DED) GOR serbaguna Kompleks GOR Segiri mengatakan, nantinya gedung baru itu dibuat lebih megah layaknya exhibition hall. Terdiri dari tiga tribun tiga tingkat hingga bisa menampung lebih dari 5-6 ribu orang. Dilengkapi genset dan ornamen khusus perpaduan tradisional dan modern. Adapun biaya DED GOR serbaguna menelan Rp 583 miliar.

    “Sejauh ini kami masih menyiapkan konsep pemindahan dan pembangunan GOR serbaguna yang baru. Sementara untuk konsep tamannya belum,” ucapnya kemarin (23/9). Ia menambahkan, lokasi GOR saat ini yang bakal dibongkar sangat memungkinkan untuk dipoles menjadi beberapa rupa. “Bisa jadi alun-alun kota dengan ditanami beberapa pohon.

    Lapangan parkir, atau pusat jajanan sederhana,”ujarnya. Jika GOR serbaguna sudah pasti dibongkar untuk pembangunan taman, lain hal dengan sarana olahraga lain, seperti kolam renang, lapangan basket, tenis, dan Gedung Bahempas. “Kalau GOR-nya digeser ke belakang, mungkin yang kena gedung fitnes-nya. Kalau kolamnya mungkin sebagian.

    Tapi kami masih menunggu koordinasi dari pemkot soal gedung lain. Apakah digeser atau mau diapain,” jelasnya. Pilihan itu, sebut Yus tidak terlepas dari terbatasnya lahan. Gedung serbaguna saja membutuhkan lahan sekira 2 hektare. Sedangkan sisa lahan yang ada akan dijadikan RTH. “Kami fokus ke gedungnya dulu saat ini,” tandasnya. Sayangnya dengan alasan masih direvisi, desain gedung anyar gedung serbaguna GOR Segiri belum bisa diberikan.

    Sekadar diketahui, alih fungsi GOR Segiri menjadi RTH disampaikan langsung oleh Wali Kota Syaharie Jaang, Minggu (21/9). Rencana tersebut saat ini tengah digodok Dinas Cipta Karya dan Tata Kota (Disciptakot) Samarinda. Nantinya GOR serbaguna saat ini akan digeser ke tempat yang sekarang berada kolam renang Segiri.

    Sedangkan untuk peralihan kolam renang masih dibicarakan. Apalagi GOR Segiri sejak berdiri 1970 lalu juga belum pernah mengalami pemugaran signifikan.
    -kaltimpost-