Informasi Pendaftaran CPNS 2014 Kota Bontang

shares |

Informasi Pendaftaran CPNS 2014 Kota Bontang
WALIKOTA BONTANG
P E N G U M U M A N
NOMOR : 810/ 82 /BKD.02
T E N T A N G
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH
DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BONTANG
FORMASI TAHUN 2014
Dalam rangka mengisi lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2014, sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 551 Tahun 2014 Tanggal 11 Agustus 2014 Perihal Formasi Pegawai Negeri Sipil Kota Bontang Tahun Anggaran 2014, dengan ini diumumkan Pemerintah Kota Bontang membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang.
I. KETENTUAN UMUM
1. Penerimaan CPNS Pemerintah Kota Bontang terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi, ujian akademis berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).
2. Tes kompetensi bidang (TKB) diperuntukkan bagi yang lulus tes kompetensi dasar (TKD) untuk jabatan tertentu sesuai dengan formasi dikali 3 (tiga).
3. Seleksi berkas administrasi persyaratan pengangkatan dan penetapan pengangkatan CPNS (bagi yang lulus TKD dan TKB).
4. Masing-masing pelamar dapat memilih 3 (tiga) jabatan yang berbeda yang memenuhi spesifikasi pendidikan yang sama.
5. Peserta wajib mengikuti seluruh proses tahapan seleksi.
II. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia.
2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun dihitung sampai dengan tanggal 01 Oktober 2014.
3. Sehat jasmani dan rohani berdasarkan surat keterangan dokter pemerintah (setelah lulus tes TKD dan TKB).
4. Tidak pernah mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan berdasarkan surat keterangan dokter pemerintah (setelah lulus tes TKD dan TKB).
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Anggota Kepolisian Negara atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta ;
7. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI ;
8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (setelah lulus tes TKD dan TKB).
9. Tidak menjadi anggota atau pengurus parpol.
10. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.
11. Melengkapi persyaratan lamaran berikut lampiran yang telah ditentukan.
12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
13. Mampu mengoperasionalkan komputer (bagi seluruh pelamar) dan mempunyai alamat email yang masih aktif.
III. PERSYARATAN KHUSUS
A. Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah minimal 10 (sepuluh) tahun.
B. Semua formasi diutamakan bagi yang masih mengabdi di lingkungan Pemerintah Kota Bontang/masyarakat Kota Bontang.
C. PRANATA STANDAR KESELAMATAN*
Untuk Formasi jabatan Pranata Standar Keselamatan wajib melampirkan :
1) Pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang Pengawasan dan Pengendalian Jalan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Pimpinan Instansi dimana calon pelamar bekerja/pernah bekerja (format lihat contoh 2)
2) Tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan perempuan minimal 155 cm.
D. SATUAN POLISI PAMONG PRAJA*
Untuk Formasi Jabatan Satuan Polisi Pamong Praja melampirkan :
1) Diutamakan memiliki sertifikat pendidikan dan pelatihan (diklat) dari Sekolah Polisi Negara (SPN) .
2) Wajib memiliki kemampuan bela diri yang dibuktikan dengan surat keterangan dari organisasi bela diri yang diikuti.
3) Wajib mempunyai pengalaman kerja di bidang Penegakan Peraturan Daerah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Pimpinan Instansi dimana calon pelamar bekerja/pernah bekerja (format lihat contoh 2).
4) Tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan perempuan minimal 155 cm.
V. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal nasional, yaitu: https://regpanselnas.menpan.go.id/ dengan memasukkan Nomor NIK KTP, Nama, Alamat email dan instansi yang dilamar.
2. Setelah mendapatkan username dan password, silahkan masuk pada website http://sscn.bkn.go.id/ dan mengisi form registrasi (pelamar dapat login ke portal instansi (sscn.bkn.go.id) minimal 1 x 24 jam setelah mendapat email konfirmasi dari Panselnas)
3. Periode pendaftaran online dibuka mulai tanggal 14 s/d 28 September 2014

4. Panitia menerima berkas pendaftaran mulai tanggal 16 s/d 30 September 2014
5. Pelamar tidak diperkenankan diwakili oleh siapapun pada saat penyerahan berkas lamaran dengan menunjukkan e-KTP/identitas diri yang sah.
6. Khusus bagi pelamar tenaga Pranata Standar Keselamatan* dan Tenaga Satuan Polisi Pamong Praja* akan dilakukan pengukuran tinggi badan ketika menyerahkan berkas.
7. Tidak menerima berkas lamaran pendaftaran diluar jadwal baik sebelum maupun sesudah jadwal yang telah ditentukan .
8. Lamaran diantar sendiri dengan alamat : Badan Kepegawaian Daerah Kota Bontang Graha Taman Praja Blok III Lantai Dasar Jl. Bessai Berinta Kelurahan Bontang Lestari pada hari kerja :
a. Senin s/d Kamis :
- Pukul 08.00 Wita – 12.00 Wita.
- Pukul 13.00 Wita – 15.00 Wita.
b. Jumat :
- Pukul 08.00 Wita – 11.00 Wita.
9. Kelengkapan berkas lamaran disusun rapi dan secara berurutan sebagai berikut :
1) Pas foto berwarna (latar belakang merah) terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar dan pada bagian belakang dicantumkan nama pelamar.
2) Formulir register pendaftaran yang dicetak melalui website http://sscn.bkn.go.id/
3) Foto copy e-KTP WNI yang masih berlaku dilegalisir oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat sebanyak 1 lembar (bagi yang belum memiliki e-KTP dapat melampirkan Surat Keterangan Sudah Melakukan Perekaman dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Setempat)
4) Surat lamaran ditujukan kepada Walikota Bontang cq. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Bontang, ditulis tangan dengan tinta hitam dan huruf kapital, di atas kertas double folio bergaris, tanpa materai dan ditandatangani oleh pelamar (format lihat contoh 1).
5) Foto copy ijasah berikut transkrip nilai yang dilegalisir (cap basah dan tanda tangan asli / Bukan Hasil SCAN) oleh Kepala Sekolah untuk SMA/sederajat dan oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik bagi lulusan D.III, D.IV, S.1 dan S.2. Khusus pendidikan Dokter umum, Dokter Spesialis, Apoteker dan Psikolog harus melampirkan foto copy ijasah profesi yang dilegalisir pejabat yang berwenang (cap basah dan tanda tangan asli / Bukan Hasil SCAN).
6) Mengisi surat keterangan/rekomendasi dari pimpinan instansi khusus formasi Satuan Polisi Pamong Praja dan Pranata Standar Keselamatan (format lihat contoh 2).
7) Lulusan Universitas / Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur terakreditasi minimal C dan Lulusan Universitas / Perguruan Tinggi di luar Kalimantan Timur terakreditasi minimal B dengan indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal :
a. D-III = 2,75
b. D-IV / S.1 = 2.75
c. S.2 = 3.00
8) Untuk pelamar lulusan dari luar negeri diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
9) Mengisi surat pernyataan bersedia mengabdi di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang minimal 10 (sepuluh) tahun dan siap mengganti dana sebesar Rp. 55.000.000,- (lima puluh lima juta rupiah) (format lihat contoh 3).
10) Mengisi Daftar Riwayat Hidup (format lihat contoh 4).
10. Pelamar memasukkan seluruh kelengkapan berkas lamaran ke dalam map dengan ketentuan warna map :
a. Merah untuk pelamar Tenaga Pendidik
b. Kuning untuk pelamar Tenaga Kesehatan
c. Biru untuk pelamar Tenaga Teknis
11. Apabila salah satu dari syarat yang telah ditentukan diatas tidak dipenuhi, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat dan berkas menjadi milik panitia, panitia tidak menerima kelengkapan berkas susulan.
VI. PELAKSANAAN SELEKSI
Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi pendaftaran mendapat Tanda Nomor Peserta Ujian dan dapat diambil oleh yang bersangkutan di Kantor Sekretariat Panitia Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dengan jadwal dapat dilihat melalui web site http://bkd.bontangkota.go.id
Jadual Ujian Tes Kompetensi Dasar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan diumumkan melalui internet dengan alamat http://bkd.bontangkota.go.id
Tempat ujian dilaksanakan di Auditorium Graha Taman Praja Blok IV Lantai 3 Jl. Bessai Berinta Kelurahan Bontang Lestari.
Dalam pelaksanaan ujian, setiap peserta wajib membawa Kartu Tanda Peserta Ujian dan KTP / bukti diri yang sah.
Penentuan kelulusan Tes Kompetensi Dasar berdasarkan nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional akan diumumkan melalui internet dengan alamat http://bkd.bontangkota.go.id.
Bagi peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD), maka diikutsertakan tahapan seleksi selanjutnya berupa Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang waktu dan tempatnya akan diumumkan melalui internet dengan alamat http://bkd.bontangkota.go.id.
Materi yang diujikan adalah:
a. Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
b. TKB (Tes Kompetensi Bidang) bisa berbentuk Psikotes lanjutan/Praktek/ wawancara
VII. LAIN - LAIN
1. Surat keterangan kelulusan atau ijasah sementara tidak diterima.
2. Tanda Nomor Peserta Ujian harus dibawa dan ditunjukkan ke Panitia pada saat mengikuti ujian.
3. Penerimaan CPNS di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang tidak dipungut biaya, panitia tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum yang mengatasnamakan Pemerintah Kota Bontang atau Panitia.
4. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
5. Apabila ada peserta yang dinyatakan lulus tetapi tidak memenuhi persyaratan / mengundurkan diri akan digantikan dengan peserta sesuai dengan ranking / urutan penilaian berikutnya.
Demikian pengumuman ini dikeluarkan untuk diketahui dan apabila ada kekeliruan dalam pengumuman ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.
Dikeluarkan di : Bontang
Pada tanggal : 09 September 2014
WALIKOTA BONTANG,
ttd
ADI DARMA
Berkas dapat di unduh pada file di link berikut ini.
sumber : kotabontang.net

Related Posts