Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

shares |

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami - Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.

Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD. Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol [ HDL] merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg.
Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin. Juga dokter Liem menyarankan mengonsumsi bekatul sangat baik bagi kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol. Simak beberapa manfaat bekatul terutama untuk menurunkan kolesterol Kadar kolesterol dalam tubuh andatinggi? Jika memafng hal ini terjadi, sebaiknya anda perlu waspada dan untuk segera mencari tahu dan melakukan beberapa cara menurunkan kolestrol tinggi tersebut. karena kadar kolesterol tinggi akan menyebabkan resiko lebih tinggi terhadap kesehatan tubuh anda.

Sebenarnya berbagai cara yang ditawarkan dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah hal sederhana yang dapat dengan mudah anda lakukan. Beberapa cara tersebut pada dasarnya hanya bertumpu pada perbaikan pola hidup dan juga pola makan dalam kehidupan anda. Coba mulai saat ini anda kenali pola hidup dan makan anda, apakah sudah sesuai dengan anjuran para ahli kesehatan? Jika memang belum, sebaiknya anda harus segera mengubahnya sebelum anda terkena resiko kolesterol tinggi.

Nah, berikut ini akan admin berikan uraian mengenai beberapa hal yang dapat anda coba dalam cara menurunkan kolestrol tinggi tanpa obat-obatan sintetis ataupun dapat anda lakukan sendiri di rumah. Simak uraiannya di bawah ini.

Cara menurunkan kolestrol

Olahraga
Olahraga memang menjadi salah satu aktivitas yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh anda. Olahraga mendorong tubuh untuk senantiasa melakukan aktiitas fisik dan hal ini akan memberikan dampak yang positif karena dapat merangsang proses metabolisme terutama metabolisme lemak dalam tubuh menjadi kalori. Oleh karena itu, kelebihan lemak tidak akan bercampur ke dalam darah menjadi lemak darah yang merupakan indikasi kolesterol. Lakukan olahraga minimal dengan jalan kaki secara rutin setiap hari 30 hingga 40 menit.

Sayuran dan buah-buahan
Memang pada dasarnya hidup sehat adalah jika anda mampu mengimbangi dengan makanan sehat, di antaranya yaitu sayur dan buah. Jenis makaan ini akan memberikan asupan nutrisi untuk tubuh anda sehingga kesehatan tubuh anda pun akan senantiasa terjaga. Beberapa jenis sayuran dan buah yang disarankan yaitu kacang-kacangan, wortel, sayuran hijau, pepaya, dan masih banyak lagi.

Hindari makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng memang memiliki resiko kadar lemak yang cukup tinggi dan untuk itu, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi sebaiknya anda mengolah makanan anda dengan cara direbus, dipanggan tetapi jangan terlalu gosong.

Selain dengan beberapa cara di atas, anda juga dapat mengimbanginya dengan menghindari minuman berlakohol, menghindari merokok, menjaga berat badan agar tetap ideal, minum air putih yang cukup, menghindari minuman bersoda, menghindari makan daging yang mengandung lemak dan masih banyak lagi. Untuk memperoleh hasil yang optimal, sebaiknya anda mengimbanginya dengan memanfaatkan bahan alami yang berkhasiat sebagai obat untuk menunjang proses menurunkan kolesterol tinggi.

Demikian uraian yang dapat admin berikan mengenai beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam cara menurunkan kolestrol tinggi. Semoga bermanfaat untuk anda.

Related Posts