Bontang Masuk Nominasi Coastal Award

shares |

Bontang Masuk Nominasi Coastal Award - Mengingat luas wilayah perairan Bontang yang mencapai 70 persen dari total wilayah, Pemkot Bontang serius mengembangkan sektor kelautan dan wilayah pesisir. Potensi yang ada dari sektor kelautan dan wilayah pesisir dinilai besar.

PENGELOLAAN dan pengembangan wilayah pesisir wilayah Bontang memang gencar dilakukan Pemkot Bontang. Berbagai program kebijakan dilakukan pemerintah yang berjuluk Kota Taman, guna memajukan wilayah pesisir.

Menurut Kepala Seksi Tata Ruang Laut, Pengembangan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian (DPKP) Kota Bontang Fadli, salah satu upaya pengembangan di wilayah pesisir adalah pembangunan fasilitas listrik dengan tenaga surya. Fasilitas listrik dengan Solar Cell ini telah dinikmati warga di daerah Selangan dan Melahing sejak tahun 2013 lalu. Untuk tahun 2014 ini akan menyusul di daerah Gusung, Teluk Kadere, dan Tihi-Tihi.

"Selain itu, untuk pengelolaan dan pengembangan di wilayah pesisir, kami telah melakukan mitigasi bencana, pembangunan pengamanan di Pulau Beras Basah dan rehabilitasi ekosistem terumbu karang," ungkapnya.

Berbagai kebijakan tersebut, tak heran tahun ini Kota Bontang kembali masuk nominasi penghargaan “Coastal Award” untuk kategori Local Government. Kaltim sendiri, hanya Kota Bontang dan Kabupaten Berau yang masuk nominasi nasional untuk penghargaan Coastal Award ini.

Penghargaan dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, merupakan penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada pihak yang peduli wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan.

Selain sebagai motivasi mengelola dan membangun wilayah pesisir secara berkelanjutan, penghargaan juga bertujuan meningkatkan keterlibatan stakeholder dalam upaya perbaikan wilayah pesisir dan pulau kecil secara terpadu di Indonesia.

Ada beberapa kategori pada Coastal Award ini, yaitu kategori Local Government (pemerintah daerah), Community Group (kelompok masyarakat), Corporate (perusahaan), Personal (perorangan), dan News (jurnalis). Tim pusat hari ini dijadwalkan tiba di Kota Bontang guna melihat kondisi lapangan.

Related Posts